Senin, 02 Maret 2015

Ulurkan Jilbabmu

"Hai Nabi, katakanlah kepada istri-istrimu, anak-anak perempuanmu, dan istri-istri orang Mukmin, hendaklah mereka mengulurkan jilbabnya ke seluruh tubuh mereka. Yang demikian itu supaya mereka lebih mudah dikenal, karena itu mereka tidak diganggu. Dan Allah adalah Maha Pengampun lagi Maha Penyayang". (QS. Al-Ahzab:59)

Ayat di atas sudah tak asing terdengar di telinga kita. Tapi ko masih banyak aja yang ogah-ogahan pake jilbab? Takut gerah lah, takut susah dapet jodoh lah, belum siap lah, mau jilbabin hati dulu lah, dan segudang alasannya lainnya menjadi defense mechanism mereka.

Saudariku, seorang Muslim punya kewajiban ngasih tau yang bener dan ngelarang yang salah, kita punya kewajiban saling mengingatkan. Begitu pula aku, tak ada maksud menggurui ko, hanya saja aku mencintaimu karena Allah, karena aku gak mau membiarkanmu betah berada dalam zona yang salah.

Takut gerah? Cobain dulu aja deh, aku aja tahan masa kamu enggak. Takut susah dapet jodoh? Kita justru harus takut kalo dapet jodoh laki-laki yang gak soleh. Nah kalo mau dapet yang soleh, kitanya juga harus solehah dulu dong. Belum siap? Emang mau kapan siapnya? Segala sesuatu memang butuh proses, tapi jangan kelamaan di proses juga, emang yakin kalau besok kita masih ada umur? Mau jilbabin hati dulu? Nah loh emang hati bisa dijilbabin mba? Justru kalau kita pake jilbab, hati dan tingkah laku kita akan menyesuaikan dengan sendirinya. Setidaknya itu yang aku rasain.

Saudariku, pernah ospek kan? Inget gak, waktu itu senior mewajibkan kita harus pake ini dan itu. Kalau gak sesuai aturan, maka kita akan dapet hukuman. Contoh lain, sejak TK sampai kuliah atau bahkan kerja, kita diwajibkan pake seragam, sepatu, dll. Kalau tidak sesuai aturan, maka kita akan dihukum. Lalu, bagaimana dengan perintah dan aturan Allah Yang Maha Segalanya? Hukumnya sudah jelas tercantum dalam Al-Qur'an dan As-Sunnah. Tapi ko masih banyak yang menyepelekan ya? Semoga Allah senantiasa membukakan pintu hati kita agar taat pada aturan-Nya. Amiin.

"...karena itu mereka tidak diganggu..." Pada kenyataannya, ko masih banyak laki-laki yang ngegodain (ngaheureuyan) suit..suit..neng bade kamana? Bagaimana tidak, cara berjilbabnya saja masih memperlihatkan lekuk tubuh. Bagaimana tidak, pake jilbab tapi masih suka gandengan sama lawan jenis. Jadi letak kesalahannya dimana? Jika jilbab adalah pelindung, jika dengan jilbab kita tidak akan diganggu, maka jenis jilbab seperti apa yang harus kita pake? Jawabannya adalah, "...dan hendaklah mereka menutup kain kerudung ke dadanya, dan janganlah menampakkan perhiasannya..." (QS. An-Nur: 31). Setidaknya itu yang aku rasain.

#Wallahualam

Tidak ada komentar:

Posting Komentar