Kamis, 26 Maret 2015

Nikah?

Sekarang usiaku sudah menginjak kepala 2 pemirsah. Awalnya aku kira kepala 2 itu artinya punya anak 2, ternyata setelah aku tahu kepala 2 itu maksudnya usia 20 tahunan. Kalo kepala 4 ya 40 tahunan. Oon banget yah aku waktu itu? Tapi ah namanya juga hidup, diawali dari ketidaktahuan kemudian diwarnai dengan pengetahuan. Dengan bertambahnya usiaku, maka berkuranglah jatah hidupku.

Dulu waktu SD, topik obrolanku sama teman yaa seputar boneka Barbie sama masak-masakan. Jadi inget, dulu setiap hari Sabtu, setelah pulang sekolah kita suka maen di kolam ikan deket sungai. Orang Ciamis menyebutnya “lebak”. Biasanya kita suka membawa baju, tas dan sepatu yang kotor untuk dicuci rame-rame di kali, sambil nangkap remis. Abis itu pulangnya kita masak nasi liwet dan remis hasil tangkapan kerja keras selama di lebak.

Menginjak SMP, kita udah mulai “beger” alias pubertas. Banyak diantara kita yang udah mulai berani pacar-pacaran. Karena waktu itu aku belum dibeliin hape sama orang tua, jadi kalo ada kakak kelas atau temen cowok yang naksir, terus minta nomor hape ya aku kasih aja nomor hape si ibu. Akhirnya mereka smsan sama ibu aku deh hahaha. Padahal sebelumnya udah aku kasih tahu kalo itu adalah nomor ibu, bukan nomor aku. Eeh keukeuh ngesms sampe nelpon segala. Mau macarin ibu aku sugan?

Waktu SMA… duh no coment ah yang bagian ini mah. Skip aja yaa hahahaha. Langsung lanjut ke masa-masa perkuliahan deh. Hmmm akhirnya aku disebut mahasiswa juga yah. Berasa bangga, tapi tanggung jawabnya juga gede. Kata “maha” kan biasanya cuma kepunyaan Allah, Maha Pengasih, Maha Penyayang, dan 99 Asma’ul Husna lainnya. Jadi sebenarnya berat banget memiliki gelar mahasiswa tuh.

Tapi terlepas dari semua itu, aku pengen cerita soal topik yang sering dibicarain mahasiswa. Gak di kampus, gak di kosan, gak di tempat liqo (semacam mentoring gitu) semuanya ngomongin seputar nikah dan jodoh. Apalagi di tempat liqo, soalnya ada beberapa teman seangkatan yang udah nikah. Aku juga sempet kepikiran buat cepet nyusul sih, yaa kuliah sambil nikah gitu deh hahaha. Tapi… entahlah, gimana Allah ngasih jodohnya aja. Soalnya kalo dipikir-pikir, nikah itu satu kali buat seumur hidup. Berarti kita seumur hidup bakal ketemu sama si doi. Gak kebayang tar pas berantem masa mau maen cakar-cakaran atau jambak-jambakan sih? Terus kan salah satu konsekuensi menikah itu hamil, melahirkan, dan punya anak. Jadi harus bener-bener siap secara fisik dan psikis.

Kalo topik nikah di area kosan, suka bodor. Jadi ceritanya, mereka lagi ngerjain tugas numpuuuuk banget, atau lagi menghadapi UTS & UAS. Terus ngeluh dan bilang, “Adek lelah nih bang, nikahin adek sekarang dong!” Parah banget kan? Lah dia pikir nikah itu cuma akad nikah, resepsi, terus malam pertama doang? Ya enggak lah, justru kehidupan setelah menikah itu yang gede banget konsekuensinya. Emang pacaran, kalo udah gak cinta yaa ke laut aja, terus cari pacar lagi. Hiiiiy semurah itu kah yang namanya pacaran?

Kalo topik nikah di kalangan temen kampus beda lagi. Kita panggil aja si doi Mawar, nah si Mawar ini sering banget bilang, “Kamu cepetan nikah dong! Nanti kita maen ke rumah kamu pake baju seragaman, didandanin, terus jadi pagar ayunya”. Dia bilang gitu hampir ke semua orang (khususnya yang deket sama dia). Jadi heran, kenapa gak dianya aja yang duluan nikah yah? Ko nyuruh-nyuruh orang, proyeksi banget itu hahahah.

Ada juga yang udah punya target nikah, izin nikah muda dari orang tua udah ada, biaya sedang dipersiapkan, udah mulai ngeceng-ngeceng gedung, pesanan catering, rias pengantin, sama desain undangan. Yaa kalo diitung-itung persiapannya udah mencapai 90% lah. Tahu gak 10% lagi yang belum ada apaan? Calonnya pemirsah, belum ada! Hahahahaha yang ini parah banget.

Terakhir, mentang-mentang udah mahasiswa alias bukan siswa lagi. Temen-temen SMA kalo ada yang ulang tahun, terus pada ngucapin di grup, doa utamanya adalah “Semoga cepet dapet jodoh, cepet nikah, dan cepet punya momongan yaa”. Duh gimana kalo udah kerja ya, masih kuliah aja doanya udah gituan hahaha. Yaa terlepas dari semua itu, semoga Allah selalu menakdirkan kebaikan untuk kita dan menjadikan kita ridho menerimanya. Amiin

“Wallahualam

Tidak ada komentar:

Posting Komentar